PROSEDUR REGISTRASI CALON MAHASISWA

PROGRAM SARJANA UNIVERSITAS GADJAH MADA

JALUR SELEKSI NASIONAL PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN)

TAHUN AKADEMIK 2019/20120

 

Calon mahasiswa Program Sarjana Universitas Gadjah Mada yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun Akademik 2019/2020 wajib:

 

  1. Mempersiapkan dokumen dibawah ini untuk keperluan registrasi:

 

  1. Foto berwarna dengan background warna putih mengenakan pakaian formal dengan wajah menghadap kamera. Format gambar adalah jpg, ukuran file antara 200 sampai dengan 800 KB (Kilobyte).

 

  1. Hasil Scan dengan format pdf, ukuran file per dokumen antara 200 sampai dengan 800 KB (Kilobyte):
  2. Kartu Peserta SNMPTN tahun 2019.
  3. Rapor Asli Semester 1 sampai semester 5.
  4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Rumah sakit atau Puskesmas ataupun Dokter Praktek Swasta.
  5. Surat Keterangan terkait NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) yang terdiri dari:
  6. a) Keterangan bebas penyalahgunaan NAPZA dari RS (Rumah Sakit) ataupun klinik yang mempunyai izin dari pemerintah.

b). Hasil pemeriksaan laboratorium penunjang pemeriksaan bebas penyalahgunaan NAPZA.

  1. Kartu Keluarga.
  2. Kartu Tanda Penduduk kedua orang tua/wali atau surat keterangan kematian apabila salah satu atau kedua orang tua telah meninggal dunia.
  3. Kartu Perlindungan Kesehatan (bisa berupa kartu BPJS/Kartu Indonesia Sehat/Kartu Asuransi Kesehatan lain).
  4. Surat Pemberitahuan Tahunan atau SPT Pajak Tahun 2018.
  5. Surat Keterangan penghasilan kedua orang tua/wali/penanggung biaya berupa gaji dan/atau penghasilan lainnya misalnya sertifikasi profesi, tunjangan jabatan ataupun tunjangan lain yang disahkan oleh:

a). Bendhara gaji bagi pekerja sektor formal seperti PNS, TNI/POLRI. Karyawan swasta, pensiunan.

b). Lurah/Kepala Desa bagi yang tidak bekerja atau pekerja sektor informal (buruh, petani, nelayan, pedagang ataupun wiraswasta).

Format Surat Keterangan Penghasilan dapat diunduh di https://um.ugm.ac.is

  1. Bukti pembayaran PBB terakhir.
  2. Surat Pernyataan tentang kesediaan mentaati peraturan akademik dan tata perilaku mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Surat ini bermaterai Rp6.000,- dan ditandatangani oleh calon mahasiswa, diketahui oleh orang tua atau wali.

Format Surat Pernyataan dapat diunduh di https://um.ugm.ac.id

 

  1. Foto rumah dengan format jpg, ukuran file antara 200 sampai dengan 800 KB (Kilobyte)
  2. Tampak depan
  3. tampak samping
  4. Tampak belakang
  5. Garasi

 

Calon mahasiswa yang memutuskan untuk memilih UKT tertinggi tidak perlu mengunggah (upload) dokumen b (poin 8, 9, 10) serta dokumen c.

Silahkan mengisi dan mengunggah surat pernyataan kesediaan UKT tertinggi. Surat ini dapat diunduh (download) di https://um.ugm.ac.id

 

 

 

Khusus peserta BIDIKMISI, silahkan menambahkan dokumen berikut untuk diunggah:

 

  1. Hasil Scan

a). Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) atau kartu sejenis yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

  1. b) Surat Pernyataan BIDIKMISI dengan format yang dapat didownload di https://um.ugm.ac.id

 

  1. Foto dengan format jpg dengan ukuran file 200-800 KB per foto.
  2. a) Ruang tempat belajar.
  3. b) Foto bersama anggota keluarga inti.
  4. Melengkapi biodata dan mengunggah dokumen seperti yang disyaratkan pada https://um.ugm.ac.id/admisi, mulai tanggal 4 April 2019 jam 13.00 WIB sampai dengan 10 April 2019 jam 23.59 WIB.
  5. Mengikuti kegiatan registrasi calon mahasiswa UGM seperti dibawah ini:
  6. Membayar Uang Kuliah Tunggal pada tanggal 15 sampai dengan 17 April 2019.
  7. Mengambil Kartu Tanda Mahasiswa dan juga jaket almamater (Juli 2019)

 

Apabila sampai tanggal 10 April 2019 pukul 23.59 WIB calon mahasiswa tidak melengkapi biodata dan mengupload dokumen sesuai prosedur diatas maka dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa Program sarjana UGM TA 2019/2020.

 

 

Informasi ini bersumber dari http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?l=aWRfcGFnZSMxOTAxMTk5OSNTTk1QVE4jMSNQcm9ncmFtIFNhcmphbmE=

 

DISCLAIMER:

Website http://www.aceptugm.com merupakan website yang dikelola oleh pihak yang tidak terkait oleh institusi UGM. Website www.aceptugm.com menyediakan informasi seputar tes ACEPT (Academic English Proficiency Test). Tes ACEPT UGM disyaratkan untuk keperluan akademis baik mahasiswa baru UGM ataupun mahasiswa semester akhir UGM sebagai syarat kelulusan.